Blogger: Cara Menghapus JavaScript Yang Tidak Digunakan

Ketika membaca artikel ini mungkin anda sudah menguji blog anda di Google PageSpeed Insights dan menemukan peluang pengoptimalan pagespeed blog anda dengan menghapus unused javascript (javascript yang tidak digunakan) seperti yang anda lihat pada hasil analisa PageSpeed Insights di bawah ini:

Unused  JavaScript
Jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan menjelaskan trik atau tutorial menghapus javascript yang tidak digunakan (Unused JavaScript) yang ada di template blog blogger. Tapi sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu bagaimana bisa terdapat unused javascript di template blogger padahal blogger dan template blog sudah dirancang secara profesional. [ads id="ads1"]

#1 Unused javascript yang berasal dari bundle script widget blogger

<script type="text/javascript" src="https://www.blogger.com/static/v1/widgets/277321023-widgets.js"></script>
Pada dasarnya bundle script widget blogger sangat berguna dan berfungsi untuk menjalankan widget-widget blogger seperti widget comment form, contact form, feed dan lainnya. Tetapi ketika widget-widget tersebut tidak di install maka bundle script secara otomatis tidak berfungsi atau menjadi unused javascript.

Kemudian meskipun semua widget di install di blog anda, letak widget mungkin berada di halaman yang berbeda-beda sehingga tetap saja di beberapa halaman akan terdeteksi unused javascript ketika di uji dengan Google PageSpeed Insights.

Jadi, solusi terbaik untuk mengatasi unused javascript (javascript yang tidak digunakan) adalah dengan menonaktifkan bundle script widget blogger agar tidak terdeteksi sebagai unused javascript, caranya adalah sebagai berikut:

Cara Menonaktifkan Bundle Script Widget Blogger

  1. Login ke Blogger
  2. Klik menu "Template"
  3. Kemudian pilih Edit HTML
  4. Gulir sampai ke bawah, dan
  5. Ganti tag </body> dengan &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
Dengan demikian unused javascript akan hilang dari template blogger anda dan PageSpeed Blog akan meningkat, tetapi ada sedikit masalah baru yang muncul yaitu, widget-widget blogger yang membutuhkan bundle script tidak dapat bekerja sebagai mestinya, termasuk tombol balas komentar juga tidak berfungsi.

#2 Unused javascript yang berasal dari bundle script Adsense

Untuk mengatasi unused javascript (javascript yang tidak digunakan) yang berasal dari bundle script Adsense lebih mudah jika dibandingkan dengan menghapus unused javascript blogger karena untuk menghapus unused javascript adsense tidak beresiko terhadap mekanisme blog, begini triknya.

Cara Mengatasi Unused JavaScript Adsense

  1. Hapus semua bundle script Adsense yang ada di blog anda.
  2. <script data-ad-client="ca-pub-3777722894567575" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  3. Gunakan script lazy load adsense dibawah ini untuk menjalankan iklan adsense anda.
  4. <script type='text/javascript'>

    //<![CDATA[

    var lazyloadads=false;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&false===lazyloadads||0!=document.body.scrollTop&&false===lazyloadads)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=true,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyloadads=true)},true);

    //]]></script>
Dengan menggunakan script lazy load adsense, loading blog akan terasa lebih ringan (cepat) dan tidak ada lagi unused javascript yang disebabkan oleh kode iklan adsense di blog anda.

Selain bundle script widget blogger dan bundle script adsense, unused javascript juga dapat disebabkan oleh plugin pihak ketiga, sebaiknya jika plugin pihak ketiga hanya berfungsi di halaman khusus maka bundle script plugin juga di install di halaman itu saja, dalam artian jangan instal bundle script di html template untuk menghindari unused javascript di halaman-halaman lain.

Saya fikir sampai disini saja penjelsan saya mengenai trik menghilangkan unused javascript blogger baik itu dari widget blogger maupun unused javascript yang berasal dari pihak ketiga. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengoptimalkan blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)