Permalink Blogspot Dan Cara Settingnya

Permalink (permanent link)

Apa itu permalink? Permalink adalah singkatan dari permanent link yang merupakan url tetap suatu halaman di situs web/blog. Permalink bersifat permanen, ia tidak bisa dirubah atau diedit, tetapi kamu dapat mengaturnya sebelum halaman (konten) anda dipublikasikan.

Dalam panduan dasar SEO Google, permalink sebaiknya dibuat singkat dan berisi kata-kata yang relevan dengan konten anda.

Meskipun demikian google mengkalim robots web mereka sangat lihai dalam meng-crawl semua jenis struktur url (permalink), meskipun url tersebut cukup rumit, tapi sebaiknya buatlah url (permalink) sesederhana mungkin.

Contoh:
https://www.sitename.com/2021/03/cara-membuat-blog.html
Yang harus dihindari dalam membuat permalink adalah penggunaan id, halaman generik dan kata kunci yang berlebihan pada permalink seperti cara-cara-membuat-blog-buatblog.html.

Contoh:
https://www.sitename.com/2021/03/22447478-page1.html
Jika teman-teman blogger sudah memahami dasar-dasar membuat permalink seperti yang saya sebutkan di atas, kita langsung saja ke panduan membuat permalink di blogspot, berikut cara setting nya.
[ads id="ads1"]

Cara Setting Permalink Di Blogspot (Blogger.com)

  1. Di sebelah kanan post editor lihat tab Post settings
  2. Klik Permalink untuk melihat opsi
  3. Pilih Custom Permalink
  4. Kemudian ketik untuk membuat permalink halaman anda.
Lihat contoh gambar di bawah ini agar lebih jelas.
Custom permalink blogspot
Keterangan: Saat membuat pemalink setiap kata kunci pada permalink dipisahkan dengan garis tengah, url blog dan akhiran .html tidak perlu diketikkan.

Perbedaan Automatic Dan Custom Permalink

Automatic permalink merupakan permalink yang dibuat secara otomatis berdasarkan tag judul pada halaman (konten) anda, sedangkan custom permalink adalah permanent link yang anda buat sendiri.

Pada dasarnya keduanya sama-sama permalink, hanya saja jika kamu menggunakan atau memilih automatic permalink terkadang link yang dihasilkan tidak mengandung makna yang deskripsikan konten anda, terlebih jika tag judul halaman sangat panjang.

Maka dari itu untuk menjaga agar permalink tetap memiliki makna atau kata-kata yang relevan dengan konten sebaiknya gunakan custom permalink.

Apakah Permalink Berpengaruh Pada SEO?

Permalink yang dibuat atau disetting dengan benar tentu saja memberikan dampak positif pada SEO karena permalink merupakan satu dari sekian banyak faktor seo atau element yang perlu dioptimalkan di situs web/blog.

Tidak ada bilangan pasti yang biasa disebutkan mengenai pengaruh permalink pada rangking halaman/konten anda di laman hasil pencarian.

Penutup:

Jika kamu membutuhkan lebih banyak referensi tentang permalink dan dasar-dasar pengoplimalan mesin telusur silahkan lihat halaman google yakni seo starter guide.

Halaman tersebut menjelaskan tentang banyak hal tentang seo termasuk permalink (permanen link), tetapi khusus untuk platform blogger, sangat di rekomendasikan untuk mengikuti panduan penerenapan permalink di blogspot pada arikel ini saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)