Cara Mengganti Favicon (Square Logo) Blog

Favicon pada dasarnya adalah singkatan dari "favorite icon" yang juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, tab icon, URL icon, dan bookmark icon. Biasaya bentuk dasar favicon web adalah persegi (square), meskipun banyak website yang sepertinya menggunakan favicon bulat (circle) tetapi pada dasarnya frame favicon tersebut adalah square, itu sebabnya favicon juga diistilahkan dengan sebutan square logo.

Mengganti Favicon Blog
Jenis file (image) favicon web yang paling umum digunakan adalah file ICO, PNG dan GIF namun itu tidak membatasi anda untuk menggunakan file JPEG sebagai favicon web/blog.
[ads id="ads1"] Tanpa membuang-buang waktu saya akan langsung mengajak anda ke pembahan utama yang digambarkan oleh judul artikel ini yaitu:

Mengganti Favicon Blog

  1. Masuk ke blogger
  2. Pilih menu settings
  3. Pada tab basic klik favicon
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman configurasi favicon
  5. Klik tombol select files untuk mengupload favicon blog anda.
Catatan: Ukuran atau size file icon yang upload harus kurang dari 100kb, jika lebih dari 100kb biasanya icon anda tidak dapat diunggah dan harap gunakan icon/favicon berbentuk persegi (square).

Kenapa icon/favicon saya belum terlihat di tab dan serp

Biasanya setelah diupload favicon blog memang tidak langsung terlihat, dibutuhkan waktu puluhan menit untuk menampilkan icon blog anda. Hal itu dikarenakan sebelum anda mengupload icon khusus untuk blog anda, favicon ditampilkan dengan icon default blogger dan disimpan di dalam cache browser, coba hapus cache browser anda dan refresh halaman blog.

Jika custom icon/favicon blog anda tidak muncul setelah 1 hingga 2 jam diupload, cobalah untuk memeriksa ulang file size icon yang anda upload dan ganti dengan size file favicon yang lebih kecil, tidak munculnya icon blog terkadang disebabkan oleh file size yang terlalu besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)