Mengganti URL blogspot Dengan Domain Khusus (Kustom)

Artikel ini saya buat untuk teman-teman blogger yang masih mebutuhkan panduan untuk mengganti url blogspot.com dengan domain khusus (custom domain), khususnya buat kamu yang baru saja membeli domain di DomaiNesia. Karena tutorial kali ini membahas cara set-up custom domain via DomaiNesia ke blogspot.

Persiapan

Sebelumnya pastikan browser anda di komputer anda mebuka 2 tab, tab satu untuk login ke blogger dan tab 2 login ke domainesia supaya proses set up custom domain menjadi lebih mudah, Dan pastikan juga kamu sudah membeli custom domain anda di DomaiNesia. [ads id="ads1"]

Cara Set-up Custom Domain Blogspot

  1. Masuk ke Blogger.com
  2. Klik menu settings
  3. Gulir kebagian publishing
  4. Klik Custom domain
  5. Kemudian isi dengan domain khusus (custom domain), contoh: www.selaput.com
  6. Selanjutnya klik save.
  7. Copy CNAMEs blog anda untuk ditambahkan ke penyedia domain (DomaiNesia)
Kode CNAMEs Blog

Penting: Pada tahapan ini set-up custom domain di blog anda belum selesai, jangan tutup halaman pengaturan custom domain blogger anda dan kita beralih ke pengaturan DNS (Domain Name System) untuk menambahkan kode CNAMs (host unik dan record unik) blog ke penyedia custom domain anda (DomaiNesia).

Setting DNS (Domain Name System) di DomaiNesia)

Sebelumnya perlu saya beritahukan bahwa DomaiNesia telah mempermudah pengaturan DNS di layanan mereka, sehingga pengguna blogger tidak harus menambahkan satu persatu name, label, dan host di pengaturan dns DomaiNesia yaitu DNS Zone Manager, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Masuk ke dashboard DomaiNesia
  2. Klik menu my domain
  3. Kemudian klik nama domain yang akan dikaitkan ke blog
    Select domain
  4. Selanjutnya klik settings
    Setting cutom domain untuk blogger
  5. Pilih Blogger Settings
  6. Gulir kebawah dan masukkan CNAMEs blog anda
    Setting CNAMEs di DomaiNesia
  7. Klik tombol Save dan Done

Kembali Ke Blogger

Sampai pada tahapan diatas setting DNS sudah selesai dilakukan, sekarang kembali ke tab blogger (pengaturan custom doamain di blogger).
save custom domain settings
Klik tombol save di pengaturan custom domain blogger, jika tidak bisa harap klik secara berkala tombol save, terkadang masalah jaringan dapat mengganggu penyelesaian.

Pengaturan Tambahan

Di pengaturan custom domain blogger, aktifkan fitur pengalihan (redirect domain) dan aktifkan juga HTTPS dan HTTPS Redirect sehingga pengaturan https dan custom domain blog anda terlihat seperti di bawah ini:
Setting redirect domain dan https
Terakhir buka halaman blog anda di browser apakah custom domain dan https sudah aktif, jika halaman blog anda belum bisa terbuka di browser, itu karena https belum aktif, tunggu beberapa saat hingga blogger memproses pengaktifan https di blog anda, biasa memakan waktu 15 hingga 30 menit pengaturan https diselesaikan oleh pihak google/blogger.

Nah...! mudah bukan mengganti URL blogspot dengan domain khusus (custom domain), jika ada yang tidak dipahami silahkan hubung admin melalui halaman kontak, saya akan pandu hingga set up custom domain blogger via domainesia 100% selesai tanpa ada kesalahan, tapi sebelumnya jangan lupa subscribe dan follow by email blog sarelinks.blogspot.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)