3 Trik Hack Yang Harus Diketahui Oleh Seorang Blogger

Hallo blogger, sesuai dengan judul, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang trik hack yang harus diketahui oleh seorang blogger seperti kamu.

Perlu saya tekan-kan bahwa trik hack yang akan saya ulas ini bukan semata-mata bertujuan untuk nge-hack blog orang, melainkan untuk pengetahuan blogging semata

Trik hack ini sebenarnya sudah umum dilakukan oleh blogger yang sudah memiliki jam terbang yang cukup, tetapi mungkin sedikit blogger yang memahami bahwa sebenarnya yang dilakukan-nya termasuk dalam kategori trik hack di dunia blogging.

Tanpa harus berlama-lama, langsung saja kita simak 3 trik hack yang harus diketahui oleh seorang blogger.
3 Trik Hack Yang Harus Diketahui Oleh Seorang Blogger

1. Mengakses Root Domain

Tahukah kamu bahwa kebanyakan file yang ada di root domain suatu website atau blog bisa diakses oleh orang lain selain pemilik blog.

Di blogger sendiri sedikitnya ada empat bagian root domain dan file yang ada di dalamnya yang bisa diakses oleh orang lain yaitu: Semua file diatas umumnya disimpan di domain tingkat atas atau root domain, kamu bisa mengakses root domain blog orang lain dan melihat file yang ada di dalamnya, bahkan jika beruntung situs-situs non-blogger juga bisa diakses root domainnya.

Cara Mengakses Root Domain Blog Lain

Untuk mengakses root domain orang lain cara nya cukup simple, yaitu dengan menambahkan salah satu dari empat file di atas ke url homepage blog yang ingin anda akses, kemudian enter ke adress bar browser chrome, mozilla atau mocrosof edge.
[ads id="ads1"] Contoh:
https://www.abc.com/robots.txt

https://www.abc.com/sitemap.xml

https://www.abc.com/ads.txt or

https://www.abc.com/atom.xml
Cara mengakses root domain
Silahkan coba sendiri trik hack ini, terserah ke blog siapa saja karena sebenarnya ini merupakan trik hack yang legal dan memang kebanyakan situs web membiarkan file yang ada di root domain terbuka (bisa diakses oleh orang lain).

Tujuan Dan Manfaat

Dengan mengakses root doamin situs lain kita bisa tahu strategi mereka dalam mengatasi ragam masalah di search engine, atau paling tidak jika paham maksud dan tujuan file yang ada di root doamin tersebut, kamu bisa meniru beberapa pengaturan yang ada di situs tersebut.

2. View Source

View Source merupakan aksesibilitas browser yang berguna untuk melihat kode sumber halaman suatu situs web/blog, dan ini juga termasuk trik hack yang legal di dunia blogging.

Untuk melihat kode sumber halaman situs web, yang perlu dilakukan adalah membuka situs web melalui browser kemudian tekan tombol Ctrl+U pada keyboard anda jika menggunakan komputer.

Sedangkan jika menggunakan smartphone kode sumber halaman situs web bisa dilihat dengan menambahkan view-source: di belakang url halaman.

Contoh:
view-source:https://www.abc.com/
Dengan menambahkan view-source: di belakang url situs, kamu bisa melihat kode sumber halaman situs web/blog tersebut. Tidak hanya url indeks, kode sumber halaman juga bisa dilihat dengan metode view-source: ini.

Tujuan Dan Manfaat

Tujuannya seudah jelas kalau trik hack view-source ini yaitu untuk melihat kode sumber halaman, untuk manfaatnya itu tergantung seberapa ahli kamu dalam membaca kode sumber.

Biasanya orang-orang menggunakan trik hack ini untuk mengambil beberapa potongan script yang dirasa bermanfaat untuk mereka.

Atau mengkin kamu menemukan situs yang menonaktifkan selector copy, dengan trik hack yang legal ini yakni view-source, kamu bisa meng-copy teks yang sebelumnya tidak bisa di copy.

3. Inspect Element

Inspect Element adalah aksesibilitas browser papan atas seperti (chrome, mozilla dan mocrosof edge) untuk melakukan inspeksi pada halaman web, mungkin juga tersedia di browser lain.

Sebenarnya fungsi utama inspect element adalah untuk kepentingan pengelolaan situs, seperti melihat consol halaman, performa, desain responsive dan lainnya.

Namun dalam dunia blogging inspect element juga sering dijadikan trik hack, blogger-blogger yang malas ngoding bisanya mengambil elemen-elemen html, css dan sebagainya melalui fitur inspeksi ini.

Cara Inspect Element Halaman Web

  • Buka situs melalui browser chrome di perangkat komputer anda
  • Kemudian arahkan kusor ke element yang mau di inspeksi
  • Klik kanan pada mouse
  • Pilih ispeksi, atau
  • Tekan tombol Ctrl+Shift+I, jika sudah ahli dalam inspeksi elemen
Catatan: Meskipun ketiga trik hack seperti ini legal atau lumrah dalam dunia blogging, akan lebih bijak jika kamu meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik situs sebelum mengambil code html seperti table dan lainnya, css atau apapun itu yang mungkin kamu butuhkan dari situs web tersebut.

Nah, demikian saja artikel "trik hack yang harus diketahui oleh seorang blogger", dengan mengetahui trik-trik hacking ini diharapkan kamu lebih bisa mengontrol situs web (blog) dan mengamankan situs blog kamu dari comotan-comotan blogger lain.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di tips dan trik berikutnya di waktu mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)