Lazy Load gtag.js (Google Analytics)

Lazy load gtag.js atau LazyAnalytics adalah script penunda perenderan pustaka gtag.js dengan metode window.addEventListener, browser akan menjalankan pustaka gtag.js setelah ada aktifitas scroll halaman dari pengguna.

Cara kerjanya (Lazy load gtag.js) sama dengan lazyload adsense yang saya publikasikan pada artikel sebelumnya, jika kamu belum membacanya silahkan lihat disini.

Dengan menerapkan window.addEventListener pada gtag.js, diharapkan browser akan fokus terlebih dahulu pada perenderan halaman (konten) anda sehingga waktu muat halaman akan terasa lebih cepat.

Selain itu pengalaman halaman yang baik untuk pengguna (user experience) juga akan tercapai dengan mudah jika menggunakan script Lazy load gtag.js (Lazy load Google Analytics).
Lazy Load gtag.js (Google Analytics)
[ads id="ads1"]

Script LazyAnalytics

<script type="text/javascript">//<![CDATA[

var LazyAnalytics=false;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&false===LazyAnalytics||0!=document.body.scrollTop&&false===LazyAnalytics)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=true,e.src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=G-6ZNTFP79YX";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),LazyAnalytics=true)},true);

//]]></script>

<script type="text/javascript">//<![CDATA[

window.dataLayer = window.dataLayer || [];

function gtag(){dataLayer.push(arguments);}

gtag('js', new Date());

gtag('config', 'G-6ZNTFP79YX');

//]]></script>

Cara Menggunakan

  1. Install script LazyAnalytics ke situs web
  2. Kemudian ganti id global site tag G-6ZNTFP79YX dengan id gtag anda
Jika kamu pemula copy script LazyAnalytics di atas, kemudian pasang/tambahkan script LazyAnalytics di atas atau sebelum kode penutup body yakni; </body>.

Untuk pengguna CMS blogger.com ikuti langkah-langkah memasang script LazyAnalytics berikut ini:
  1. Login ke blogger.com
  2. Klik menu Template
  3. Pilih Edit HTML
  4. Gulir ke bawah, kemudian
  5. Tambahkan script LazyAnalytics di atas </body>
  6. Klik Save Template
Jangan lupa untuk mengganti id global site tag G-6ZNTFP79YX dengan id global site tag atau tracking id (UA-123456789-1) anda sendiri, sedikitnya ada dua id global tag yang sama di lokasi yang berbeda (dalam script) yang harus di ganti.

Catatan

Sebelum memasang script LazyAnalytics pastikan kamu telah menghubungkan blog/website anda ke Google Analytics dengan metode pengaitan terbaru yakni via gtag.js (global site tag).
New gtag.js (Global site tag)
Ini sepenuhnya berbeda dengan analytics.js versi lama, jika pengaitan situs masih menggunakan metode lama silahkan upgrade ke metode terbaru, yaitu dengan menggunakan gtag.js (global site tag) agar dapat menggunakan lazy load google analytics ini.

Selesai...!, semoga artikel dan script Lazy Load gtag.js ini bermanfaat dan benar-benar membantu anda dalam meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik di situs web/blog anda, terimakasih telah berkunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)