Buat Website Untuk Produk Anda Dengan Google Sites

Google Sites adalah platform untuk membuat website dengan mudah, cepat dan geratis. Google sites sangat cocok untuk meromosikan produk-produk anda secara online maupun dengan iklan digital seperti fb ads, google ads dll. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan cara membuat website single product di platform google sites, mulai dari cara membuat, desain dan membuat konten (produk) anda di website google sites.

Tutorial Membuat Website Single Product Di Google Sites

Kenapa Harus Google Sites

Berikut ini adalah beberapa kelebihan google sites yang menjadikan platform ini sangat tepat untuk produk anda: [ads id="ads1"]
  1. Dari sisi desain dan fleksibilitas
    • Google sites memiliki pilihan template yang sangat cocok untuk mempromosikan multiple product dan single product,event, portpolio, help centre, hingga website untuk project dan masih banyak lagi.
    • Mudah di gunakan, siapa saja bisa membuat website di google sites.
    • Support multi media seperti photo dan video hingga beberapa fitur/widget sebagai berikut (Collapsible text, Table of contents, Image carousel, Button (untuk oder), Divider, Place holder, Youtube, Docs, Slides, Sheeets, Forms, dan Charts.)
    • Google site mendukung untuk custom doamain (domain khusus), fitur ini menjadikan brand dan produk anda lebih profesional.
  2. Dari sisi keamanan
    • Sistem keamanan Google sites sangat tinggi (karena di keaman website di handle langsung oleh google).

Membuat Website Single Product Di Google Sites

  1. Siapkan Akun Gmail Aktif
  2. Login ke Google Sites
  3. Klik icon [ + ] (start a new site) untuk mulai membuat website.
  4. Tambahkan logo atau buat nama website yang sesuai untuk produk anda.
  5. Disebelah kalan, pilih layout yang tepat untuk produk anda.
  6. Buat konten / upload produk.
  7. Tekan tombol publish untuk membuat URL dan mempublikasikan website.
Penting: Setelah menekan tombol publish, pop-up akan muncul, buat URL website dengan cara mengetikkannya dikolom URL, kemudian agar website muncul di halaman pencarian google centang Search settings dan tekan lagi tombol publish yang ada dibagian bawah pop-up.

Penyesuaian

Agar website bisnis/produk anda terlihat propesional, beberapa bagaian harus disesuaikan. Kamu dapat mencobanya sendiri karena website google sites sangat mudah untuk disesuaikan. Atau ijinkan saya memandu anda untuk menyesuaikan.
  1. Header

    Pilih header website anda, Arahkan mouse ke header kemudian klik header type dan pilih jenis header yang sesuai untuk website single product anda disarankan untuk memilih header type barner atau header type title only.

    Customize Header
    Jika memilih header type barner kamu harus mengupload gambar/barner produk, jika header type title only cukup ketik nama halaman/judul header.
  2. Navigation

    Untuk menambahkan menu navigasi klik icon gear (pengaturan), pilih mode navigasi top atau side navigation, kemudian di bilah kanan klik tab Pages dan tambahkan halaman navigasi untuk halaman tentang atau link navigasi untuk kontak via telephone dan email.

    Menambahkan Navigasi
    • Untuk membuat kontak via telephon klik tambah link > isi nama link misalnya kontak dan isi url dengan link telephone (tel:phone_number)
    • Untuk membuat navigasi Kontak via email isi link dengan: (mailto:yourmail@mail.com)
  3. Konten/Section/Layout

    Membuat konten / mengupload produk anda di google sites, Klik Insert > Pilih Layout kemudian upload photo produk anda dan isi deskripsi produk. Kamu juga bisa menambahkan beberapa section lagi dari menu insert, lihat selengkapnya

  4. Menambahkan Tombol Order Via WhatsApp
    • Klik Insert
    • Pilih Embed > Embed Kode
    • Masukkan kode tombol order via whatsapp berikut ini
    • <a class="tombol-whatsapp" type="button" href="https://wa.me/6281261043687" title="Hubungi Saya" rel="noopener" target="_blank">Chat Ke WhatsApp</a>

      <style type="text/css">.tombol-whatsapp{font-size:17px;padding: 10px 30px;cursor:pointer;color:#fff!important;font-weight:bold;border: 0;border-radius:3px;background:#2ecc71;box-shadow:0 5px 1px #27ae60;}

      .tombol-whatsapp:hover{background: #27ae60;box-shadow: 0 5px 1px #145b32;}

      .tombol-whatsapp:active{border-top: 5px solid white;box-shadow: none;}</style>
  5. Membuat Footer

    Arahkan mouse ke bagian bawah halaman kemudian klik Add Footer, Umumnya footer berisi teks hak cipta misalnya: Copyright @ 2021 Cordialblogger.com All right reserved, Selengkapnya lihat panduan membuat footer google sites disini.

Selesai, sekarang produk anda siap dipasarkan secara online. Jika ingin sukses menjual produk secara online tidak cukup modal life saja harus ada website khusus untuk produk anda guna meningkatkan kepercayaan pelanggan anda, selain itu jika kamu ingin mengiklankan produk, website juga dibutuhkan bukan.

Sampai disini saja totorial membuat website single product di google sites, jika ada kenadala silahkan hubungi admin melalu halaman kontak, saya akan membantu anda dalam membuat website di google sites ketika saya telah membaca pesan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)