Widget FollowByEmail Blogger Dihentikan, Ini Solusinya

Google baru saja menginformasikan bahwa layanan langganan email melalui widget followbyemail akan dihentikan, mulai bulan July 2021 widget followbyemail (feedbunner) tidak lagi dapat difungsikan sebagai layanan langganan email kepada pengguna blog anda.

Hal itu dikarenakan google telah mentransisikan FeedBurner ke infrastruktur modern yang lebih stabil, namun dampak dari hal tersebut sebagian besar fitur pengelolaan feed non-inti, termasuk langganan email (Widget FollowByEmail) akan terhenti.

Bagi kamu yang menggunakan FeedBurner untuk mengelola langganan email, disarankan untuk mengunduh pelanggan email anda dan memindahkannya ke layanan langganan email baru.
Widget FollowByEmail Blogger Dihentikan
[ads id="ads1"]

Cara Mengunduh Data Pelanggan Email FeedBurner Anda

  1. Login ke akun google anda
  2. Buka feeds.feedburner.com
  3. Klik nama Feed anda
  4. Buka tab/menu Publicize
  5. Kemudian klik Email Subscriptions
  6. Gulir kebawah kemudian klik View Subscriber Details
  7. Pilih Export: CSV
Selanjutnya pindahkan email pelanggan anda ke layanan langganan email (Email Subscribers & Newsletter Subscription Form) baru anda.

Jika kamu tidak menyewa plugin email subscribers & newsletters dari pihak ketiga, sebagai solusi untuk pelanggan blog anda, kamu bisa mengarahkan mereka untuk memfollow/subscribe blog anda.

Dan sebagai blogger yang baik buatlah tombol subscribe blog atau dengan tombol follow blog di situs anda, sembari menunggu ada solusi yang lebih baik untuk email marketing blogger selain widget followbyemail.

Selanjutnya Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebenarnya untuk tingkat lanjut kamu tidak perlu melakukan perubahan apapun di blog anda karena google meyakinkan bahwa fungsi manajemen feed inti akan terus didukung dan berjalan sebagaimana mestinya.

Menghapus widget followbyemail dari blog anda mungkin satu-satunya hal yang harus dilakukan, mengingat elemen yang sudah tidak berfungsi atau tidak bekerja tidak baik untuk blog anda.

Selebihnya strategi baru di luar blog anda juga diperlukan seperti membangun komunitas sosial media agar penggemar blog anda tetap mendapatkan mendapatkan notifikasi setiap kali ada postingan-postingan terbaru di blog anda.

Saya fikir itu alternatif terbaik untuk masalah ini, lagi pula sejauh ini trik marketing melalui sosial media memiliki prospek yang sangat baik bahakan mungkin melebihi email marketing melalui widget follow by email atau newsletter subscription form.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)