Lazy Load Adsense - Solusi Terbaik Untuk Performa Website Anda

Blog atau website yang dioptimalkan performanya pada akahirnya akan drop ketika dipasangi iklan dari pihak ketiga seperti adsense dan periklanan digital lainnya. Untuk menghindari itu, dibutuhkan metode khusus untuk memuat iklan agar loading atau performa website tetap terjaga.

Umumnya metode yang digunakan untuk memuat iklan agar tidak mempengaruhi kinerja website/blog adalah dengan menerapkan lazy laod pada ikan (adsense), maka dari itu disini saya akan memberikan ulasan yang cukup lengkap tentang lazy load adsense.

Apa Itu Lazy Load Adsense

Lazy Load Adsense
Lazy load adsense adalah script pemuatan lazy atau smart loading pada iklan adsense untuk mengurangi dampak kode pihak ketiga ke situs web dan mempertahankan performa situs web agar tetap optimal.

Ada beberapa metode untuk membuat smart loading pada iklan adsense diantaranya adalah Ad event listener, Event-based ad reques dan Lazy loading, dimana ketiganya dapat disebut dengan istilah lazy load adsense.
[ads id="ads1"]

Mengapa Harus Menggunakan Lazy Load Adsense?

Saat ini tidak ada metode yang lebih baik selain lazy load adsense untuk memecahkan segala macam permasalahan performa website yang disebabkan oleh iklan pihak ketiga.

Ada banyak hal yang dapat diselesaikan dengan lazy load adsense, terkait permasalahan performa website/blog, diantaranya:
  1. Third party webfont load (Pemuatan font web pihak ketiga)
  2. JavaScript execution time (Waktu eksekusi JavaScript)
  3. Main-thread work (Pekerjaan utas utama)
  4. Dampact of third party code (Dampak kode pihak ketiga), dll
Itu sebabnya pada tag judul saya mengatakan, lazy load adsense adalah solusi terbaik untuk performa website atau blog yang dipasangi iklan pihak ketiga.

Langsung saja saya akan membagikan script lazy load adsense kepada anda semua, ada dua script lazy load adsense yang akan saya bagikan dan kedua script lazy load sama-sama bagus untuk mempertahan performa website anda dan juga support auto ads.

1. Script Lazy Load Adsense (Original)

<script type="text/javascript">//<![CDATA[

var adsenseLazyload=false;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&false===adsenseLazyload||0!=document.body.scrollTop&&false===adsenseLazyload)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=true,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),adsenseLazyload=true)},true);

//]]></script>
Sumber script lazy load : kontenweb.com, support auto ads dan efektif mengatasi semua permasalahan performa website dari dampak pihak ketiga.

2. Script Lazy Load Adsense + ca-pub (id publisher)

<script type="text/javascript">//<![CDATA[

var adsenseLazyload = false; window.addEventListener("scroll", function(){ if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false) || (document.body.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false)) { (function() { var ad = document.createElement('script'); var att = document.createAttribute('data-ad-client'); att.value = 'ca-pub-3776322894567500'; ad.setAttributeNode(att); ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('head')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })(); adsenseLazyload = true; } }, true)

//]]></script>
Script lazy load adsense yang kedua juga support auto ads, tetapi jika kamu ingin menggunakan script lazy load adsense ini, kamu harus mengganti ca-pub-3776322894567500 dengan id publisher atau ca-pub adsense anda sendiri.

Petunjuk Penggunaan Lazy Load Adsense

Cara menggunakan script lazy load adsense sangat mudah, kamu hanya perlu memasang salah satu kode script lazy load adsense di head atau body situs web, kemudian hapus semua tag pustaka javascript adsense dari template website/blog.

Jika kamu adalah pemula, silahkan pasang script lazy load adsense sebelum atau di atas kode penutup body yakni </body>, kemudian hapus semua tag pustaka javascript adsense dari template blog anda.

Pustaka JavaScript Adsense



<script async="async" src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"/>

atau library javascript versi terbaru

<script async="async" data-ad-client="ca-pub-1234567890123456" src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"/>

Script lazy load adsense hanya bekerja dengan baik jika tidak ada bundle atau library javascript adsense selain yang telah ditanamkan pada script lazy load adsense.

Jika kamu adalah pengguna blogspot (blogger.com), hindari mencentang Show Ads Between Posts dari main blog, karena itu akan menciptakan bundle atau library javascript adsense di template blog anda yang menyebabkan script lazy load adsense tidak dapat bekerja secara maksimal.

Intinya ketika kamu menggunkan script lazy load adsense, pemasangan kode iklan adsense tidak lagi disertai dengan bundle atau pustaka javascript adsense.

Contoh Memasang Kode Iklan Adsense Tanpa Pustaka JavaScript



<ins class="adsbygoogle"

style="display:block"

data-ad-client="ca-pub-1234567890123456"

data-ad-slot="1670232759"

data-ad-format="auto"></ins>

<script>

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

</script>

Cara Kerja Script Lazy Load Adsense

Lazy Load Adsense sepenuhnya berbeda dengan lazy load image karena pada dasarnya lazy load adsense adalah scroll event listener, library javascript adsense yang ada pada script lazy load adsense hanya akan dimuat atau dijalankan ketika pengguna menscroll halaman anda.

Dan itu artinya iklan adsense hanya akan muncul ketika pengguna melakukan scroll pada haman blog atau website anda, jika tidak ada aktifitas scroll halaman dari pengguna, maka iklan juga tidak akan dimuat (tidak ditampilkan).

Lazy Load Adsense Dari Sisi Kebijakan Adsense

Google sangat terbuka untuk penerapan lazy load pada iklan mereka (adsense), Silahkan lihat pusat bantuan google yang berjudul "Viewability best practices". Di halaman itu google menyarankan penggunaan lazy load adsense atau juga dikenal dengan istilah smart loading.

Itu artinya google tidak mempermasalahkan soal penggunaan lazy laod adsense. Namun menurut google praktik terbaik penerapan lazy load adsense yang lebih baik adalah dengan menggunakan Google Publisher Tag (GPT).

Referensi

https://developers.google.com/publisher-tag/samples/ad-event-listeners
https://developers.google.com/publisher-tag/samples/lazy-loading
https://support.google.com/admanager/answer/6199883?hl=en

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)