Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Media online seperti blog atau website memiliki peran penting di era teknologi seperti ini, blog tidak hanya berfungsi sebagai wadah bagi orang yang hobi menulis menuangkan pikiran dan membagikannya kepada orang lain. Tetapi saat ini blog juga sudah memberikan peran penting dalam membangun ekonomi dan pengembangan bisnis. Jadi sebaiknya ambil peluang besar dari membuat blog, kemudian kembangkan bisnis anda dengan blog dan mulai membuat blog.

Cara Membuat Blog

  1. Siapkan satu email (G-Mail) aktif
  2. Buka situs www.blogger.com
  3. Kemudian klik tombol Creat a blog kemudian lanjutkan login melalui email untuk membuat blog.
    Cara Membuat Blog
  4. Selanjutnya tambahkan atau buat nama blog, jika blog ditujukan untuk bisnis, pikirkan nama blog yang sesuai dengan bisnis anda.
    Buat nama blog
  5. Buat URL atau alamat blog, pada tahapan ini disarankan untuk membuat url yang sesuai dengan nama blog jika tersedia. Misal nama blog adalah "Kurir Lokal" maka URL blog; kurirlokal.blogspot.com.
    Buat URL Blog
  6. Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman konfirmasi nama tampilan atau nama profil blog yang akan ditampilkan, nama tampilan/profil blog, pada tahapan ini nama tampilan boleh menggunakan nama sendiri atau nama yang berbeda dengan nama blog.
  7. Klik selesai untuk masuk ke dashboard blogger dan silahkan pratinjau blog dengan menekan tombol "Lihat Blog" yang ada di sudut kiri bawah dashboard blogger anda.
[ads id="ads1"]

Pengaturan Blog (Settings)

Setelah blog berhasil dibuat, ada beberapa pengaturan yang bersifat harus, tidak harus dan tidak, untuk ini simak penjelasan berikut untuk mengatur atau setting blog agar mudah ditemukan di mesin telusur dan beberapa pengaturan penting lainnya.

0.1 - Pengaturan Dasar Blog Dan Privasi

Masih di dashboard blogger, pada bilah sebelah kiri klik Pengaturan atau Settings, lihat contoh gambar di bawah ini:
Pengaturan Dasar Blog
  1. Pada bilah kanan setelan ada pengaturan judul dan deskripsi judul, bagian deskripsi judul silahkan isi dengan kalimat yang deskriptif yang mendefinisikan judul blog, paling banyak 500 huruf. Bab ini sebenarnya tidak wajib, tetapi jika anda bisa mendefinisikan judul blog anda lebih baik jika diisi meskipun nantinya ketika situs menggunakan logo khusus, teks deskripsi judul tidak akan terlihat.
  2. Pengaturan Bahasa - Bagian ini adalah pengaturan bahasa blog anda, Pilih bahasa inggris (recommended) agar tombol connect adsense aktif di dashboard blog anda.
  3. Pengaturan Konten Khusus - Jangan aktifkan tombol jika blog bukan untuk konten dewasa (adult), sebaliknya jika blog memuat konten dewasa aktifkan tombol agar pembaca mendapatkan peringatan dan verifikasi usia sebelum masuk ke blog anda.
  4. ID Properti Google Analytics - Masukkan id properti google analytics pada kolom ini, jika belum memiliki id properti google analytics, maka segera hubungkan/kaitkan terlebih dahulu blog dengan google analytics untuk mendapatkan id. Baca panduan lengkapnya disini.
  5. Favicon - Upload gambar atau icon khusus untuk blog dengan ukuran persegi dan size data di bawah 100.kb untuk mengganti icon khusus blogger.
  6. Privasi - Aktifkan tombol agar blog dapat di akses mesin telusur guna mempermudah perayapan dan pengindexan situs halaman pencarian google.

0.2 - Publikasi dan HTTPS

  • Bab ini digunakan untuk custom domain (mengganti url blogspot.com dengan top level domain/tld), jika ingin menghilangkan akhiran blogspot.com dari url blog, silahkan klik domain kustom untuk memilih domain dan membeli domain melalui fitur tersebut atau anda juga bisa membeli top level domain dari penyedia domain diluar platfom google dan blogger.
  • Kemudian pada bab HTTPS silahkan aktifkan tombol pengalihan untuk memastikan kunjungan http dialihkan ke https (penelusuran aman).

0.3 - Izin, Postingan Dan Komentar

  • Pengaturan izin - anda dapat mengundang orang lain untuk menulis di blog anda, hati-hati dengan fitur ini pastikan admin blog hanya anda sendiri atau orang yang benar-benar terpercaya untuk mengelola blog anda.
  • Pengaturan Postingan - Mengatur jumlah postingan yang di tampilkan di halaman depan (beranda situs), pada bagian ini anda juga dapat menampilkan gambar dalam overlay di atas entri dengan mengaktifkan fitur lightbox gambar.
  • Pengaturan Komentar - Biarkan lokasi komentar tetap tersemat, pilih siapa saja yang dapat mengomentari blog, aktifkan fitur moderasi komentar untuk mencegah spam.

0.4 - Pengaturan Tag Meta

Aktifkan deskripsi penelusuran kemudian isi deskripsi penelusuran dengan kalimat deskriptif yang mampu mendefinisikan blog dan konten anda. Deskripsi penelusuran akan membantu pengguna memahami isi url anda di halaman pencarian sehingga jika diterapkan dengan benar akan meningkatkan klik tayang blog anda.

Jika pada pengaturan tag meta blog deskripsi penelusuran tidak di aktifkan maka fitur deskripsi penelusuran di posts editor juga tidak aktif.

0.5 - Crawler dan pengindeksan

Secara default crawler google dirancang untuk bisa merayapi setiap situs-situs baru dan konten baru tanpa harus menunggu tindakan dari pemilik blog memberikan akses ke perayap atau crawler mereka, tetapi crawler yang bukan google membutuhkan tindakan agar crawler mereka lebih mudah untuk melakukan perayapan dan pengindeksan.

Oleh sebab itu robots.txt kustom menjadi sangan penting untuk diaktifkan, anda harus berhati-hati menggunakan robots.txt, format robots.txt yang keliru justru dapat memblokir akses crawler sehingga halaman tidak di crawl dan tidak di indeks.

Lihat penjelasan mengenai robots.txt pada link berikut ini. cara aktifkan robots.txt blogspot

Selanjutnya setelah robots.txt diaktifkan lanjut ke pengaturan search console, klik google search console pada pengaturan blog di dashboard blog anda untuk mengaitkan blog ke google search console

Bebepa pengaturan mungkin belum saya sebutkan karena beberapa pengaturan bersifat relatif atau saya anggap bisa dipahami oleh siapapun.

Jika semua pengaturan blog sudah rampung, saatnya masuk ke bagian postingan untuk mulai membuat konten blog anda. Konten blog dapat berupa teks, gambar bahkan video.

Cara Membuat Postingan (Konten) Blog

Klik +Postingan Baru untuk memulai membuat konten blog, selanjutnya anda akan diarahkan ke post editor blog anda seperti contoh di bawah ini.
Buat Postingan
Tool bar atas yang ada pada posts editor blog di gunakan untuk membuat teks dengan style teks yang di butuhkan, membuat list, menguoload gambar dan mengupload video untuk konten blog anda dilakukan melalui tool bar yang ada di bawah kolom judul posting.

Saya fikir ini sangat mudah dan kebanyakan orang sudah terbiasa dan paham cara membuat teks atau paragraf. Jadi saya skip aja bagian ini dan kita lanjutkan kebagian bilah kanan posts editor yaitu label atau kategori, tanggal publikasi, permalink, lokasi, deskripsi dan opsi.
  1. Label - Setelah konten selesai dibuat, beri label untuk mengkategorikan konten blog anda, misal anda sedang membuat konten blog bertajuk masakan, maka tambahkan (ketik) pada kolom label kategori "masakan" kemudian pisahkan label dengan tanda koma jika konten memiliki dua kategori. Contoh: Masakan, Khas Batam
  2. Tanggal Publikasi - Biarkan default atau otomatis, agar tanggal publikasi konten sesuai dengan waktu ketika anda mempublikasikan konten tersebut.
  3. Permalink - Permalink atau permanent link merupakan url konten anda, sebelum konten dipublikasikan koreksi kembali permalink konten anda, terkadang jika judul konten terlalu panjang kata kunci pada permalink akan meleset. Tetapkan kata kunci utama konten blog pada url atau permalink konten anda.
  4. Lokasi - Tambahkan lokasi konten anda, misal jika konten blog merupakan alat pemasaran bisni maka tambahkan lokasi ke konten blog, sesuai dengan lokasi bisnis anda.
  5. Deskripsi Penelusuran - Agar konten lebih cepat ditemukan dan di indeks ke halaman pencarian google isi deskripsi konten blog dengan kalimat yang deskriptif yang dapat mendefinisikan konten blog dengan singkat dan spesifik. Dengan demikian ketika seseorang menemukan konten blog anda di halaman pencarian google ia akan langsung mendapatkan informasi tentang isi url konten blog tersebut.
  6. Opsi (Options) - Biarkan default jika konten blog memang dibuat untuk konsumsi publik.

Mengganti Tema (Template Blog).

  • Keluar dari posts editor blog kemudian klik menu Tema pada dashboard blogger.
  • Kemudian pilih tema yang sesuai dengan blog anda.
  • Kemudian klik sesuaikan untuk merubah warna, font dan setelan widget blog.
  • Jika ingin menggunakan template blog dari desainer lain, silahkan upload atau masukkan template.xml pada mode edit html.
Catatan: Sesuaikan tema atau template blog anda dengan niche atau jenis blog agar terlihat profesional, jika blog merupakan toko online maka pilih template yang bertemakan toko online, jika blog anda adalah blog bisnis sesuaikan tema blog dengan bisnis anda.

Menambahkan Widget Baru

  1. Pergi ke tata letak (layout)
  2. Klik "Add a widget".
Ada banyak widget yang bisa anda tambahkan ke blog, mulai dari widget popular posts, contact form, widget follow blog, widget newslater dan masih banyak lagi.

Saya cukupkan dulu sampai disini tutorial membuat blog di new blogger ini, jika anda ingin banyak lebih tau tentang blogger ikuti terus blog shrelinks.blogspot.com, karena disini kita akan mengupas lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Render Blocking Resources Dari Template Blogger

Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense (Panduan Terupdate)